PKM UT Dengan SDN 44 Ternate

Ternate, Kembangkan keterampilan Guru Sekolah Dasar menjadi Kreator Video dalam pembelajaran; tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) UT Ternate gelar kegiatan Teacher Development of Learning Media Program, kegiatan ini melibatkan guru Sekolah Dasar Negeri 44 Kota Ternate.

Ketua Pelaksana PkM, Astri Dwi Jayanti S., M.Ed, Ph.D kepada Malut Post, 21 Juli 2022, mengaku bahwa “Pada masa pandemi Covid-19 para guru dituntut untuk bisa melakukan pembelajaran berbasis online dengan cara membuat video pembelajaran. Situasi dan kondisi yang terjadi mendorong para guru untuk menguasai keterampilan yang mendukung pengembangan media tersebut dalam waktu singkat. Di era new normal, kapabilitas digital tersebut seyogyanya terus ditingkatkan oleh para guru untuk dapat menyajikan atmosfer pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan bagi peserta didik”.

Astri melanjutkan “tujuan PKM UT adalah untuk menangkap kebutuhan itu yakni memberikan kamera digital dan perlengkapan pendukung, menyelenggarakan pelatihan pembuatan dan penyuntingan video. Serta kompetisi menghasilkan produk video pembelajaran terbaik oleh peserta pelatihan. Ketiga rangkaian kegiatan ini harapannya dapat mengakselerasi para guru untuk terampil dalam mereka cipta media pembelajaran yang sarat dengan pembaruan”.

Astri memaparkan bahwa “rangkaian pertama telah dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2022 yakni penyerahan peralatan digital oleh ketua PkM didampingi 2 orang mahasiswa UT yang diterima secara langsung oleh ibu Nurma Husen, S.Pd selaku kepala sekolah SDN 44 Ternate”. “Perlengkapan tersebut diantaranya kamera Canon EOS M3, Microphone kamera, paket Green Screen/Lighting, tripod dan beberapa alat pendukung lainnya” imbuhnya.

sdn44_1.jpg

 

“Untuk rangkaian kedua diselenggarakannya pelatihan pembuatan video pembelajaran dari tanggl 1 sampai dengan 3 Juli 2022, dihadiri oleh 12 orang guru dan 2 orang narasumber yang berasal dari Jakarta dan Ternate” tambahnya. Astri juga mendeskripsikan bahwa “Kegiatan pada hari pertama pelatihan dilakukan secara daring yakni pengenalan serta praktik pembuatan animasi dengan aplikasi Opentoonz. Kemudian hari selanjutnya, peserta pelatihan dihadirkan sebuah laman yaitu Powtoon yang dapat mengakomodasi penggarapan video pembelajaran. Sedangkan pada hari ketiga yang diselenggarakan secara luring, narasumber mengenalkan Adobe Preimer Pro, sebagai aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengolah dan menyunting video”.

 

sdn44_2.jpg

Sebagai rangkaian penutup, tim PkM menyerahkan beberapa penghargaan dan hadiah berupa uang dan bingkisan  kepada para peserta dengan video terbaik diantaranya kepada Vita Windi Astuti Barmawi S.Pd.I, Efa Safi, S.Pd., dan Nafsia Sidik, S.Pd. Sedangkan video favorit diberikan kepada Nur Afni M.Djiko, S.Pd., Vita Windi Astuti Barmawi, S.Pd.I, dan Rosniaty Udin, S.Sos. Salah satu komentar dari juri penilai untuk pemenang pertama video terbai “materi yang disampaikan singkat padat dan jelas, jadi siswa bisa mendapatkan informasinya utuh dari video. Lalu sinkronisasi antara teks dan voice overnya bagus. designnya juga simple tapi masih menarik”.

sdn44_3.jpg

Bapak Anwar sebagai salah satu peserta mengucapkan “terima kasih tak terhingga atas bimbingan serta dedikasi tim PkM Universitas Terbuka dan narasumber. Program ini menjadi bekal dalam mengembangkan video pembelajaran bagi peserta didik untuk kedepannya”. Lebih lanjut ibu Nafsia mengaku “pelatihan yang diselenggarakan UT begitu keren dan menarik, karena begitu asyiknya, saya membuat video sampai dengan jam 4 subuh. Kami berharap kedepannya UT bisa mengadakan pelatihan-pelatihan serupa, UT is the best”.