WELLCOME TO UPBJJ-UT TERNATElogo utNama Wisudawan 2017 Klik Disinilogo utSaatnya kuliah Online

Tesis S-2 Prodi MAP UPBJJ-UT Ternate

UJIAN TESIS PASCA SARJANA UPBJJ-UT TERNATE

 

Pada tanggal 16 Juni 2017 telah diadakan sidang Tesis Pascasarjana Universitas Terbuka (UPBJJ-UT Ternate) dengan Konsentrasi MAP (Magister Administrasi Publik), secara online.

Yaitu Bapak Ibnu Laitupa, SP. 

dan

Pembimbing Bapak DR. Ahmad Thalib, Msi. sebagai pembimbing, Serta Ibu. Wasmi Lasani, ST sebagai penanggung jawab S-2.

 

 

UPBJJ-UT TERNATE SELENGGARAKAN ABDIMAS PENYULUHAN ANTI NARKOBA

Minggu pagi, tanggal 18 Oktober 2015, pukul 07:00 WIT kurang lebih 100 orang pemuda pemudi Maluku Utara tumpah ruah di pelataran Taman Nukila yang merupakan titik kumpul sekaligus start jalan santai. Peserta dilepas oleh Kepala UPBJJ-UT Ternate, Bapak Drs. Raden Sudarwo, M.Pd didampingi oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas) UPBJJ-UT Ternate yang diketuai oleh Yusuf, SE., MM dan anggota tim yaitu Anfas, ST., MM dan Mohbir Umasugi, S.Sos., M.AP serta staf administrasi lainnya. Kegiatan ini adalah upaya UPBJJ-UT Ternate dalam memerangi bahaya Narkoba. Indonesia saat ini berada dalam status darurat Narkoba, karena korban tidak pandang usia, kalangan, bahkan profesi. Pencanangan program 100.000 pasien untuk direhabilitasi tidak lah cukup untuk mencegahnya agar tidak berulang, karena korban terus bertambah sepanjang waktu. Dengan menyasar pada kaum generasi muda dan di tangan merekalah tongkat estafet pembangunan diberikan. Terlebih diberlakukannya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) dan AFTA (Perdagangan Bebas) ditahun 2015, Indonesia harus telah siap menghadapi globalisasi ekonomi dan teknologi.

Hasil penelitian BNN bekerjasama dengan Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Indonesia (Puslitkes UI) pada tahun 2011 menyebutkan prevelensi penyalahgunaan narkoba di Provinsi Maluku Utara mencapai angka 2,8 persen atau sekitar 17.000 penyalahgunaan dari jumlah penduduk 730.600 jiwa sehingga saat itu daerah Provinsi Maluku Utara berada pada urutan ke empat dari 34 provinsi dalam angka penyalahgunaan narkoba. Pada tahun 2014 angka prevelensi penyalahgunaan narkoba di Provinsi Maluku Utara menurun menjadi 1,7 persen atau 12.000 pecandu. Angka ini menempatkan Provinsi Maluku Utara berada di urutan ke-31 dari 34 provinsi di Indonesia dalam penyalahgunaan narkoba (Gamalama Post. 2015). Meskipun menurun, namun kita jangan tinggal diam, karena kejahatan Narkoba selalu mengancam dan dengan senang hati merusak karakter generasi muda Maluku Utara. Dilatarbelakangi pada bahaya yang mengancam, kami tim dosen UPBJJ-UT Ternate bertekad untuk menolak peredaran Narkoba di Bumi Kie Raha Maluku Utara. Inilah bakti kami dosen-dosen UPBJJ-UT Ternate melalui kegiatan Abdimas dalam mengupayakan Maluku Utara menuju generasi bebas Narkoba yang diselenggarakan melalui serangkaian kegiatan yaitu kegiatan pertama yaitu jalan sehat diikuti dosen, staf, mahasiswa, dan siswa/i SMA/ SMK/ MA se-Kota Ternate. Kemudian, dilanjutkan dengan kegiatan ke dua yaitu penyuluhan anti Narkoba berkerjasama dengan BNNP Maluku Utara.

Kurang lebih 7 km peserta menyusuri jalan ibu Kota Ternate dan berakhir di halaman Kampus UPBJJ-UT Ternate. Riung sirine anggota patroli pengawalan, sorak sorai gembira mengiringi deru langkah kaki peserta. Sesampai di kampus UT, diteras kampus terpampang kanvas putih yang berisi komitmen bersama untuk menolak peredaran Narkoba menunggu untuk ditandatangani peserta. Tidak hanya itu, sajian bubur kacang hijau, minuman energy, dan snack disiapkan untuk peserta. Acara didahului oleh sambutan Kepala UPBJJ-UT Ternate sebagai sambutan awal membuka kegiatan kedua yaitu penyuluhan Anti Narkoba. Dalam prakatanya, “UT sebagai institusi akademik mendukung penuh gerakan kampus bersih Narkoba. UT senatiasa mendukung langkah Pemerintah Daerah untuk memberantas Narkoba di Provinsi Maluku Utara. Kami memastikan, bahwa UPBJJ-UT Ternate bersih dari bahaya Narkoba. Tidak ada seorang pun yang terlibat dalam peredaran Narkoba. Namun, kita harus senantiasa mengawasi dan waspada terhadap kejahatan Narkoba”. Penyuluhan dilakukan oleh Petugas BNNP Maluku Utara. Peserta mendengarkan informasi penting dengan seksama tentang bahaya Narkoba dengan terlebih dahulu menyerahan 3 buku 31 Tahun Dies Natalis Universitas Terbuka kepada tiga (3) mahasiswa Bidikmisi yang giat, gigih, dan berprestasi. Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab oleh peserta dan narasumber sebagai wujud antusiasme peserta dalam memerangi peredaran Narkoba (dar; yus).

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

==000==

SOSPROM DI KANWIL KEMENKUM HAM MALUT

SOSPROM UPBJJ-UT TERNATE DI KANTOR WILAYAH KEMETERIAN HUKUM DAN HAM MALUKU UTARA

 

Senin (02/02/2015) UPBJJ-UT Ternate mendapat kesempatan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Maluku Utara untuk melakukan sosialisasi dan promosi UT. Pada kesempatan itu, Tim Sosprom UPBJJ-UT Ternate terdiri dari Kepala UPBJJ-UT Ternate Drs. Raden Sudarwo, M.Pd, Koordinator BBLBA Anfas, ST, MM dan Mohbir Umasugi, S.Sos, M.AP yang merupakan staf Dosen FISIP UT di UPBJJ-UT Ternate.

Sebelum acara dimulai, Tim Sosprom bertatap muka dengan Kepala Kanwil Kemenkumham Maluku Utara, Drs. Agus Rawan, SH, MM, M.Si di ruang kerjanya. Dalam pertemuan tersebut, Kakanwil mengutarakan bahwa beliau juga merupakan alumni UT. “Saya lulus tahun 2004 di FISIP UT dan saya bangga menjadi alumni UT” katanya dengan penuh semangat.

Usai pertemuan dengan Kakanwil, Tim Sosprom UT selanjutnya diberikan kesempatan untuk menjelaskan tentang UT di hadapan pengawai Kanwil Kemenkumham Maluku Utara. Acara yang dipusatkan di ruang rapat staf tersebut dihadiri oleh seluruh pegawai yang ada di kantor Kemenkumham Maluku Utara.

Pada kesempatan itu, Tim Sosprom yang didampingi langsung oleh Kakanwil, memperkenalkan UT mulai dari status PT, kurikulum hingga mekanisme pendaftaran sebagai mahasiswa baru.

 

 

 

Suasana Sosialisiasi UT di Kanwil Kemenkumham Maluku Utara, Ternate (Senin, 02/02/2015)

Dalam penjelasan berkaitan dengan UT, Tim sosprom memperkenalkan dan menawarkan beberapa program Studi yang dianggap relevan dengan tugas para pegawai. Seperti Program Studi S1 Ilmu Hukum dan S1 Administrasi Negara. Adapun sistem pengampuham matakuliah bisa menggunakan sistem paket semester (Sipas) atau bisa juga dengan sistem SKS.

Seperti pada kegiatan sosprom sebelumnya, usai mendengarkan penjelasan tentang UT dari Tim Sosprom, para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya tentang berbagai hal yang berkaitan dengan UT guna meningkatkan pemahaman mereka dan dapat lebih jauh mengenal UT. Selanjutnya acara diakhiri dengan pembagian brosur dengan tujuan informasi tentang UT tidak hanya berhenti di para pegawai yang menghadiri kegiatan sosialisasi. Akan tetapi juga bisa disampaikan kepada para teman dan anggota keluarganya. 

BERITA PATUT (Pelatihan Tutor)

Tutorial merupakan salah satu layanan bantuan belajar yang diberikan kepada mahasiswa UT di setiap pokjar. Salah satu manfaatnya utamanya adalah dapat membantu mahasiswa untuk memecahkan masalah (problem solving) yang dihadapi dalam mempelajari modul dan menambah pengayaan mahasiswa terhadap materi sekaligus dapat meningkatkan tingkat kelulusan mahasiswa. Mengingat pentingnya peran dan fungsi tutorial tersebut, maka tentunya dibutuhkan tenaga tutor yang memiliki kompetensi sesuai bidang keahliannya. Tidak hanya itu, tutor juga harus mampu mendorong dan memotivasi mahasiswa untuk disiplin terhadap waktu dan belajar mandiri agar dapat menangani kendala yang dihadapinya dalam proses belajar.

Untuk mendukung peningkatan kualitas Tutor, Jum’at Sore tanggal 14 Agustus 2015 diadakan Pelatihan Tutor (PATUT-UT) di Hotel Batik Kota Ternate. Untuk kesiapannya, UPBJJ-UT Ternate melakukan mendata kembaili tutor-tutor mana yang belum mengikuti pelatihan Tutor. Data dilakukan dengan mengkaji keseluruhan tenaga tutor yang ada di Provinsi Maluku Utara. Menseleksi dan membuat perencanaan calon peserta pelatihan tutor sebanyak 30 orang peserta. Sebaran tutor mengambil daerah Kelompok Belajar TTM daerah Tobelo, Malifut, Maba, Weda, Bacan, dan Sanana, dan Kota Ternate. Perencanaan awal calon peserta pelatihan terdiri dari tutor dari Pokjar Tobelo 2 orang, Pokjar Malifut 4 orang, Pokjar Maba 2 orang, Pokjar Weda 2 orang, Pokjar Bacan 8 orang, Pokjar Sanana 1 orang, dan Pokjar Ternate 11 orang.

Nama kegiatan PATUT-UT adalah“Pelatihan Tutor Universitas Terbuka (PATUT-UT) UPBJJ-UT Ternate Angkatan ke VII Tahun 2015 tanggal pelaksanaan 14 sampai dengan 17 Agustus 2015” dengan tema “Meningkatkan Kemampuan Tutor Untuk Mendukung keberhasilan Balajar Mandiri Mahasisa di UPBJJ-UT Ternate”. Adapun instruktur dalam kegiatan pelatihan tutor yakni sebanyak 4 orang, yang semuanya merukan tim inti pelatihan tutor UPBJJ-UT Ternate yakni Kepala UPBJJ-UT Ternate Bpk Drs. Raden Sudarwo, M.Pd, Bpk. Anfas, ST , MM, Mohbir, S.Sos., M.AP, dan Yusuf, SE., MM.

PATUT-UT merupakanKegiatan UPBJJ-UT bersifat wajib untuk dilaksanakan, dan diikuti oleh tutor UPBJJ-UT. Karena didalam pelatihan tersebut mencakup penguasaan dasar seorang tutor dalam memberikan layanan bantuan belajar kepada mahasiswanya. Kajian teori diberikan dengan metode ceramah, praktik, simulasi, kerja/ diskusi kelompok, dan praktik tutorial mini. Kemudian, peserta diharuskan mengumpulkan produk bantuan layanan belajar, yaitu RAT, SAT, Kisi-kisi Tugas, Tugas, dan Presentasi media power point.

  1. Jumlah peserta yang hadir mengikuti pelatian sejumlah 27 orang (dari 30 yang direncanakan akan hadir-tabel 2), yang terdiri dari pokjar Tobelo sebanyak 2 orang, pokjar Malifut 2 orang, pokjar Maba 2 orang, pokjar Weda 2 orang, pokjar Bacan 2 orang, dan pokjar Tenate 16 Orang.
NO Nama Tutor Instansi Asal Pokjar/ Asal
1 Jamrut Jalal, S.Pd SMAN 1 Halut Tobelo
2 Domunggus Jesajas, S.Pd SMK Nusantara Halut Tobelo
3 Rudi A. Rahman, S,IP SMAN 1 Malifut Malifut
4 Arpenas Balak, S.Ip Kantor Camat Malifut Malifut
5 Suryono Dahlan, S.Sos SMAN 1 Malifut Malifut
6 Sugianto, S.Pd SMKN 2 Haltim Maba
7 Sukardi Litte, S.Pd Dinas Pendidikan Kab. Haltim Maba
8 Haris Musa, S.Pd SMPN 2 Halteng Weda
9 Dra. Hadija Hasyim Dinas Pendidikan Kab. Halteng Weda
10 Badaria Radjak, S.Pd SMPN 2 Labuha Bacan
11 Nurwahida Salim, S.Pd.SD SDN 1 Labuha Bacan
12 Rahmad Muhammad, S.Si., M.Pd STIKIP Ternate
13 Amirudin Ais, S.Pdi., M.A UMMU Ternate
14 Yumima Sinyo, S.Pd, M.Pd Unkhair Ternate
15 Mufti Murhum, S.Pi, M.Si Unkhair Ternate
16 Nani I. Rajaloa, S.Pd, M.Pd Unkhair Ternate
17 Rudi Laduna, SE, S.Ak, M.Si Unkhair Ternate
18 Susiana, S.Pd.AUD Diknas Kota Ternate Ternate
19 Iwan Duwila, S.Sos, M.PA Unkhair Ternate
20 Fatma Hamid, M.Pd.Si Unkhair Ternate
21 Erwin Gay, S.Pd, M.Ed.Sc Unkhair Ternate
22 Dr. Hj. Errny Tjan, SE, M.Si Pemda Kota Ternate Ternate
23 Mujakir Hi. Sultan, S.Si, M.Si Unkhair Ternate
24 Sahroni A. Hirto, S.Sos., M.PA UMMU Ternate
25 Ir. Armain, M.Si Pemprov Malut Ternate
26 Suryana AR. Mahdi, SE, Ak, M.SA Unkhair Ternate
27 Zainuddin, SE., M.Ak Unkhair Ternate
  1. Seluruh peserta pelatihan tutor tatap muka telah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dan acara dengan penuh perhatian, kesungguhan, dan semangat yang cukup tinggi.
  2. Pelaksanaan kegiatan pelatihan tutor tatap muka UPBJJ-UT Ternate angkatan VII ini berlangsung selama 4 hari dengan rangkaian kegiatan teori yaitu pemaparan materi oleh para instruktur dan dilanjutkan dengan pelaksanaan praktek tutorial mini.

Dengan segala kerendahan hati, panitia pelaksana PATUT-UT dan UPBJJ-UT Ternate mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung atas suksesnya pelaksanaan kegiatan Pelatihan Tutor Universitas Terbuka (PATUT-UT) Angkatan ke VII UPBJJ-UT Ternate yang dilaksanakan tanggal 14 Agustus 2015 hinga 17 Agustus 2015 di Hotel Batik Kota Ternate.

FOTO-FOTO KEGIATAN PATUT-UT

1

Bersama-sama menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dipimpin oleh Salah satu peserta pelatihan Ibu Susiana, S.Pd.AUD dalam acara pembukaan PATUT-UT di Hotel Batik Kota Ternate

2

Para peserta Pelatihan Tutor Universitas Terbuka (PATUT-UT) angkatan VII tahun 2015

 

3

Salah satu fasilitator yang sedia memberikan arahan kepada setiap kelompok diskusi dalam menyelesaikan tugas kelompok yang diberikan instruktur PATUT-UT UPBJJ-UT Ternate

 

4

Kepala UPBJJ-UT Ternate selaku penanggungjawab kegiatan memberikan sertifikat secara simbolis kepada perwakilan peserta yang telah mengikuti kegiatan PATUT-UT dengan seksama dan baik.

 

tutor

Foto bersama instruktur/ fasilitator, panitia, dengan para peserta PATUT-UT angkatan VII UPBJJ-UT Ternate

 

-=000=-

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SOSPROM UPBJJ-UT TERNATE DI KOREM 152/BAABULLAH TERNATE

SOSPROM UPBJJ-UT TERNATE DI KOREM 152/BAABULLAH TERNATE

Pada Rabu (14/01/2015) UPBJJ-UT mendapatkan kesempatan untuk melakukan sosialisasi Universitas Terbuka (UT) di Markas Korem 152/Baabullah Ternate. Kegiatan Sosialisasi UT disampaikan oleh Kepala UPBJJ-UT Ternate Drs. Raden Sudarwo, M.Pd dan didampingi oleh Koordinator BBLBA Anfas ST, MM. Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh para Prajurit TNI AD, mulai dari para Perwira Pertama hingga para Tamtama yang ada di berbagai unit kesatuan di Korem 152/Baabullah Ternate.

Dalam sosialisasi tersebut, Kepala UPBJJ-UT Ternate memperkenalkan UT sebagai PTN ke-45 yang diresmikan oleh Presiden Suharto di Istana Negara pada tanggal 4 September 1984. Sebagai Perguruan Tinggi yang menerapkan Sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (SPTJJ), UT bertujuan untuk menjangkau siapapun WNI maupun WNA yang tidak berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Tatap Muka.

Untuk itu, UT telah membuka 32 kantor Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) di seluruh provinsi di Indonesia agar bisa melayani warga Negara yang ada di Perkotaan hingga di pelosok daerah, dari Sabang sampai Meroke untuk dapat mengakses pendidikan tinggi di UT. Selain itu UT juga telah membuka 1 kantor UPBJJ-UT Layanan Luar Negeri yang melayani para mahasiswa yang ada di luar negeri.

UT dapat menerima siapapun yang memiliki ijasah SLTA/sederajat atau dari paket C untuk melanjutkan kuliah di UT tanpa mengenal tahun lulus SLTA-nya. “Semuanya boleh masuk ke UT dengan persyaratan yang sangat simpel, yakni cukup dengan memasukkan fotocopy ijazah yang dilegalisasi 1 lembar dan Pasfoto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar, maka yang bersangkutan sudah terdaftar sebagai mahasiswa UT. Tidak ada uang masuk atau uang bangunan, cukup hanya membayar SPP saja” Jelas Sudarwo di hadapan prajurit TNI AD Korem 152/Baabullah Ternate.

Suasana Sosialisiasi UT di Korem 152/Baabullah Ternate (Rabu, 14/01/2015)

Selanjutnya, Kepala UPBJJ-UT Ternate menjelaskan bahwa UT juga menerima calon mahasiswa masukan dari TNI yang lulusan AKMIL atau SESKO. Di mana calon mahasiswa tersebut bisa diterima dengan cara melakukan alih kredit. Sebagai contoh adalah untuk lulusan AKMIL yang mau melanjutkan studi S1 Administrasi Negara di UT, maka dapat mengajukan alih kredit sehingga matakuliah yang dibesakan bisa sebanyak 55 SKS. Dengan demikian mahasiswa tersebut tinggal mengambil 90 SKS saja. Sedangkan untuk lulusan SESKO yang mau masuk ke S1 Administrasi Negara di UT, maka pembebasan SKSnya sebanyak 69 SKS atau hanya menempu 76 SKS saja di UT.

Setelah mendengarkan penjelasan tentang UT dari Kepala UPBJJ-UT Ternate, kegiatan sosalisasi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan pembagian brosur UT kepada seluruh peserta sosalisasi. Dengan pembagian brosur tersebut, maka diharapkan informasi tentang UT tidak hanya berhenti di para anggota yang menghadiri kegiatan sosialisasi. Akan tetapi juga bisa disampaikan kepada para teman dan anggota keluarganya. Upaya ini dilakukan terus menerus dengan harapan dapat meningkatkan angka partisipasi mahasiswa UT di Maluku Utara. Semoga..

BERITA TERBARU


Jadwal TTM Pendas 2017.2
15 Sep 2017 12:42

JADWAL TTM PENDAS MASA REGISTRASI 2017.2   Silahkan Klik Disini

ATM MANDIRI
13 Sep 2017 12:02

INSTRUKSI CARA MEMBAYAR BIAYA PENDIDIKAN MELALUI ATM BANK MANDIRI :
  1.Menerima Lembar Infor [ ... ]

Berita Lain

© UPBJJ-UT Ternate 2017

Address :

Kantor UT Ternate Jl. Raya Mangga 2

Kota Ternate Selatan Maluku Utara 97710

Phone   :  0811-4307-879

fax       : +629213128442

email    : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.