UPI UPBJJ-UT Ternate 2015

UPBJJ-UT Ternate Selenggarakan Upacara Penyerahan Ijazah

UPBJJ-UT Ternate kembali menyelenggarakan UPI pada Sabtu 14 Maret 2015, bertempat di Vellya resto dan Hotel, Ternate. Penyelenggaraan UPI tahun ini mengusung tema “Memaknai Revolusi Mental Melalui Ejawantah Reformasi dalam Pendidikan”. Peserta yang mengikuti UPI kali ini meliputi lulusan S2-MM, S1- Ilmu Administrasi Negara, S1-Ilmu Pemerintahan, S1-Manajemen, S1-Akuntansi, S1-PGSD dan S1-PG PAUD, dengan jumlah keseluruhan peserta sebanyak 55 orang dari rencana sebelumnya 80 orang. Sebanyak 25 orang lainya tidak bisa hadir karena terkendala kesibukan dan sarana transportasi dari daerah. Kepala UPBJJ-UT Ternate, Drs. Raden Sudarwo, M.Pd. dalam sambutannya, selain mengucapkan selamat kepada para wisudawan beserta keluarga atas keberhasilan yang diraih melalui perjuangan keras, berat, melelahkan dan pantang menyerah, meskipun berada di daearah kepulauan yang relative sulit untuk berkomunikasi selama menyelesaikan studi. Kepala UPBJJ-UT Ternate berpesan kepada para Wisudawan untuk menunjukkan kompetensi terhadap apa yang dicapai dalam berkiprah dibidang pekerjaan masing-masing.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D., dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Pembantu Rektor IV, Dr. Muhammad Yunus, MA, mengatakan bahwa keberhasilan para wisudawan dalam menyelesaikan studi di UT adalah tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama dari mitra UT, seperti pemerintah daerah beserta dinas pendidikan dan jajaran, juga perguruan tinggi mitra di Maluku Utara. Dalam kesempatan ini PR IV juga menginformasikan bahwa UT telah mendirikan Sentra Layanan Universitas Terbuka(disingkat:SALUT). SALUT adalah perpanjangan tangan layanan UT yang berada di Kota/ Kabupaten, di luar area domisili Kantor UPBJJ-UT. Keberadaan SALUT dimaksudkan untuk memberikan layanan yang didukung oleh perangkat komputer, jaringan internet berkecepatan tinggi, dan perangkat lainnya yang dapat dimanfaatkan dalam mengakses sumber belajar secara online, registrasi dan pemesanan/ pengambilan bahan ajar, kegiatan belajar dan ujian secara online bagi mahasiswa, calon mahasiswa, atau anggota masyarakat. Rencananya, pada tahun 2015 ini akan didirikan 15 SALUT. Hingga tahun 2017 direncanakan akan berdiri sekurang-kurangnya 75 SALUT dan hingga tahun 2020 menjadi 300 SALUT yang tersebar di seluruh kota/kabupaten di Indonesia.

Sementara itu, dalam sambutan Gubernur Maluku Utara, KH. Abdul Gani Kasuba, LC, mengutarakan kenangan beliau kala itu berkunjung ke UT-Pusat dalam rangka memenuhi undangan Rektor UT dalam peresmian gedung UPBJJ-UT yang ketika itu dipaparkan tentang pengelolaan media tekhnologi pendidikan tinggi jarak jauh. Begitu rumit dan kompleks sehingga hasilnya terjalinnya pola integrasi atara pusat dan daerah. Bapak Gubernur mengutarakan UT adalah universitas yang sangat hebat dan tiada duanya, karena sistem yang dibangun mampu menjangkau seluruh pelosok belahan dunia dan UT sangat cocok pada Provinsi Maluku Utara, karena secara geografis Maluku Utara adalah daerah kepulauan. Gubernur juga mengatakan bahwa momentum UPI yang dilaksanakan ini adalah menunjukkan kepada publik bahwa UT merupakan perguruan tinggi yang berperan nyata dalam mengembangkan pendidikan di Maluku Utara.

Hal istimewa dalam pelaksanaan UPI kali ini, yaitu dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Pemda Provinsi Maluku Utara yang dalam hal ini ditandatangani langsung oleh Gubernur Provinsi Maluku Utara, KH. Abdul Gani Kasuba, Lc.dan dari Universitas Terbuka adalah PR IV Bpk Dr. Mohamad Yunus, M.A.   Bapak Gubernur sangat concern terhadap peningkatan dan pemerataan pendidikan di Maluku Utara. UT dirasakan merupakan institusi pendidikan tinggi yang tepat karena UT berkemampuan menjangkau kesempatan dan pemeretaan pendidikan hingga ke pelosok-pelosok daerah Provinsi Maluku Utara. Oleh karena itu, kerjasama ini merupakan pencanangan usaha pencapaian Maluku Utara Cerdas 2015. 

Pada kesempatan ini juga, Dosen Sosiologi FISIP Universitas Muhammadiyah (UMMU) dan juga Direktur CEFORDES UMMU, Dr. Herman Oesman, M.Si berperan sebagai narasumber dalam orasi ilmiah. Judul orasi ilmiah yang disampaikannya adalah “Pengembangan Pendidikan Bagi Penguatan Mentalitas Masyarakat Berbudaya”. Dalam orasinya, Dr . Herman Oesman, M.Si memaparkan tentang proses pembudayaan diperlukan ketika terjadi pergeseran etos dan karakter dalam system pendidikan berupa pendidikan dini yang diharapkan menghasilkan manusia baru Indonesia dengan kekuatan karakter yang dicirikan dengan kapasitas moral kepercayaan dan kejujuran, kualitas, keuletan, dan ketegaran menghadapi tantangan. Pada UPI kali ini, UPBJJ-UT Ternate memberikan penghargaan kepada 2 lulusan terbaik. Mereka adalah Betry Wahyono sebagai lulusan terbaik S1-Non Pendas, Aminah Hamid Adam sebagai lulusan terbaik S1-PG PAUD. Pada malam Sabtu pkl 2.30 – 21.30 WIT Pr IV dan Kepala UPBJJ Ternate mengadakan Talk Show di RRI I  Pro FM Ternate, pada hari Sabtu sore pkl 16.00-17.00 , acara dilanjutkan Talk Show PR IV dan Kepala UPBJJ-UT Ternate di Istana FM 101 MHz dengan topik Universitas Terbuka untuk semua.

Sehari sebelum melaksanakan UPI, pada Jum’at 13 Maret 2015, UPBJJ-UT Ternate juga melaksanakan serangkaian kegiatan yang berlangsung di Vellya Resto dan Hotel, Ternate, berupa Seminar Akademik, dan Temu Wicara Wisudawan UPI dengan PR IV. Seminar Akademik menampilkan narasumber antara lain adalah narasumber pertama Kepala UPBJJ-UT Ternate, Drs. Raden Sudarwo, M.Pd. Narasumber kedua Koordinator BBLBA, Anfas, ST., MM. Narasumber ke tiga Dosen FKIP Universitas Khairun, Dr. Samsu Somadayo, M,.Pd. Seminar ini mendapatkan sambutan cukup baik dari peserta, Kemudian Acara dilanjutkan dengan Temu Wicara dengan PR IV terkait dengan semangat dan motivasi belajar mandiri dalam pembelajaran jarak jauh di Universitas Terbuka. Disampaikan juga suka dan duka oleh Wisudawan dalam menempuh pendidikan terutama mereka yang berada dipelosok daerah Provinsi Maluku Utara.

 

 

 

 

BERITA TERBARU


INFORMASI CPNS
13 Jul 2017 14:05

INFORMASI CPNS
    SILAHKAN KLIK GAMBAR DIATAS UNTUK FORMASI CPNS
     [ ... ]

LOWONGAN KERJA TKT BLU UT PUSAT
10 Jul 2017 12:10

INFORMASI LOWONGAN KERJA TKT BLU UT PUSAT JULI 2017 : 1. DOSEN 2. KOMPUTER/SISTEM INFORMASI INFO  [ ... ]

Berita Lain

© UPBJJ-UT Ternate 2017

Address :

Kantor UT Ternate Jl. Raya Mangga 2

Kota Ternate Selatan Maluku Utara 97710

Phone   :  0811-4307-879

fax       : +629213128442

email    : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.