MISI MEMPERKENALKAN UT KEPADA SELURUH LAPISAN MASYARAKAT MALUKU UTARA

MISI MEMPERKENALKAN UT KEPADA SELURUH LAPISAN MASYARAKAT MALUKU UTARA


Dalam upaya meningkatkan angka partisipasi mahasiswa UT di Maluku Utara, UPBJJ-UT Termate terus menerus melakukan kegiatan sosialisasi dan promosi (sosprom) kepada berbagai lapisan masyarakat Maluku Utara. Mulai dari siswa SLTA kelas 3 hingga para pekerja, baik PNS di Pemda Kabupaten/Kota, Anggota Kepolisian maupun para pengelola perpustakaan.

Di bulan Desember ini, sosprom UT Ternate di awali dengan mengundang para pengelola perpustakaan se-Kota Ternate di Kantor UPBJJ-UT Ternate. Kegiatan yang dilaksanakan pada sabtu, 13 Desember 2014 dimaksudkan agar sekolah, baik tingkat SLTP maupun SLTA bisa memanfaatkan UT dalam meningkatkan kompetensi pengelola perputakaannya.

Sesuai hasil survei UPBJJ-UT Ternate, menunjukkan bahwa hampir seluruh sekolah tingkat SLTP maupun SLTA yang ada di Kota Ternate, belum memiliki pengelola perpustakaan yang benar-benar merupakan tenaga pustakawan. Hampir seluruhnya adalah para guru bidang studi yang diperbantukan menjadi pengelola perpustakaan. Kondisi tersebut, menyebabkan pengelolaan perpustakaan sekolah dirasakan belum optimal, karena guru yang menjadi pengelola perpustakaan mau tidak mau harus membagi waktunya antara mengajar dengan mengurus perpustakaan.

Mencermati kondisi tersebut, Kepala UPBJJ-UT Ternate, Drs. Raden Sudarwo, M.Pd mengajak para perwakilan sekolah dalam kegiatan sosiliasasi agar bisa mengajak teman-temannya dari tenaga Administrasi (Tata Usaha/TU) yang masih berijazah SLTA/sederajat agar bisa melanjutkan studinya di UT dengan mengambil program studi D2 Perpustakaan. Dengan melanjutkan D2 atau S1 Perpustakaan di UT, maka pihak sekolah akan mendapatkan manfaatnya, yakni mereka yang akan melanjutkan D2 atau S1 Perpustakaan tersebut kelak bisa dipersiapkan oleh sekolah menjadi tenaga pustakawan yang handal di sekolahnya. “Dengan tersedianya tenaga pustakawan yang professional di sekolah, maka para guru tidak lagi terbebani dengan tugas tambahan untuk menjaga sekolah. Guru bisa berkonsentrasi mengajar siswa di kelas. Sebaliknya perpustakaan pun bisa dibuka selama jam sekolah, karena telah dikelolah dengan baik oleh tenaga pustakawan yang telah disiapkan” ungkap Kepala UPBJJ-UT Ternate.


.

Sosialisasi Prodi D2 dan S1 Perpustakaan bagi para Pengelola Perpustakaan Sekolah Se-Kota Ternate, Sabtu 13 Desember 2014 di Kantor UPBJJ-UT Ternate

 




Sosprom UT Kepada Anggota Polres Tidore Kepulauan

Hari Senin 15 Desember 2014, kegiatan sosprom dilanjutkan di Polres Kota Tidere kepulauan (Tikep). Sosprom yang dipusatkan di Mapolres Kota Tikep tersebut dihadiri oleh perwakilan anggota polisi di seluruh polsek maupun yang ada di Polres Tikep.

Acara sosprom diawali dengan sambutan Kapolres Tikep AKBP Muhammad Edy Purwanto yang mengajak kepada seluruh anggota Polres Tikep untuk terus mengembangkan kompetensinya. “Salah satunya adalah dengan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Khususnya untuk anggota yang ditempatkan di Reskrim maka wajib untuk melanjutkan pendidikannya di S1 Hukum” ungkap Kapolres Tikep.

Selanjutnya tim Sosprom UPBJJ-UT Ternate yang dipimpin langsung oleh Kepala UPBJJ-UT Ternate, Drs. Raden Sudarwo, M.Pd memberikan pengenalan tentang Sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (SPTJJ) kepada para anggota Polres Tikep. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan tentang program Studi S1 Ilmu Hukum di UT yang bisa diikuti oleh para anggota Polres Tikep. “Dengan melanjutkan studi di UT, maka tentunya anggota Polres Tikep tidak akan terganggu jam kerjanya. Mengapa demikian? Karena UT memang disiapkan oleh pemerintah untuk bisa menampung siapa saja yang ingin melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi, namun karena kendala waktu dan sebagainya menyebabkannya tidak bisa ke Perguruan Tinggi tatap muka” jelas Kepala UPBJJ-UT Ternate.

 

 

Sosialisasi UT di Mapolres Tidore Kepulauan, Senin 15 Desember 2014

 

 

 

Sosialisasi Hari Kedua Di Kota Tikep

Selasa 16 Desember 2014, Tim sosprom UT yang terdiri dari kepala UPBJJ-UT Ternate Drs. Raden Sudarwo, M.Pd, Kasubag TU Ahyar Hanubun, SE, Koordinator BBLBA Anfas, ST, MM dan Raeba Jafrik, SH melakukan kunjungan ke SMK Negeri 1 Tikep. Dalam kesempatan itu, tim sosprom diberikan kesempatan oleh pihak sekolah untuk memperkenalkan UT kepada siswa kelas 3.

Sosialisasi UT yang dipusatkan di Aula SMK Negeri 1 Tikep tersebut juga dihadiri oleh guru-guru yang menjadi perwakilan dari beberapa sekolah lainnya seperti SMPN 2 Mareku, SMPN 3 Tikep, perwakilan dari Kantor Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tikep serta Perwakilan dari Satpol PP Kota Tikep. Paparan berkaitan dengan kurikulum maupun pembiayaan pada tiap program studi yang ada di UT diuraikan secara rinci oleh tim sosprom UPBJJ-UT Ternate. Mulai dari Prodi D2 dan S1 Perpustakaan yang ditujukan bagi pengelola perpustakaan sekolah. Kemudian Prodi S1 Ilmu Hukum dan S1 Ilmu Pemerintahan yang ditujukan bagi Anggota Satpol PP Tikep. Serta program studi lainnya yang diminati oleh para siswa SMKN 1 Tikep jika kelak mereka telah lulus dari SMK.


Sosialisasi UT di SMK Negeri 1 Kota Tidore Kepulauan, Selasa 16 Desember 2014

 

 Usai kegiatan sosialisasi di SMKN 1 Tikep, tim sosprom UPBJJ-UT Ternate melanjutkan kegiatan sospromnya di Kantor Dinas Perhubungan dan Informatika (Dishubinfo) Kota Tikep. Tim Sosprom langsung disambut oleh Kepala Dishubinfo Kota Tikep,  Drs. Ramli Karim. Di ruang kerjanya, Kepala Dishubinfo Kota Tikep menyampaikan kepada tim sosprom UPBJJ-UT Ternate bahwa soalisasi UT penting disampaikan kepada stafnya, agar staf yang masih berpendidikan SLTA termotivasi untuk melanjutkan studinya ke UT tanpa harus meninggalkan jam kerjanya.


 

Dari adanya berbagai rangkaian sosialisasi di beberapa instansi di Kota Ternate dan Kota Tidore Kepulauan, maka diharapkan masyarakat di kedua daerah tersebut dapat mengenal UT dan tertarik untuk melanjutkan studinya ke jenjang Pendidikan Tinggi di UT (semoga).

BERITA TERBARU


INFORMASI CPNS
13 Jul 2017 14:05

INFORMASI CPNS
    SILAHKAN KLIK GAMBAR DIATAS UNTUK FORMASI CPNS
     [ ... ]

LOWONGAN KERJA TKT BLU UT PUSAT
10 Jul 2017 12:10

INFORMASI LOWONGAN KERJA TKT BLU UT PUSAT JULI 2017 : 1. DOSEN 2. KOMPUTER/SISTEM INFORMASI INFO  [ ... ]

Berita Lain

© UPBJJ-UT Ternate 2017

Address :

Kantor UT Ternate Jl. Raya Mangga 2

Kota Ternate Selatan Maluku Utara 97710

Phone   :  0811-4307-879

fax       : +629213128442

email    : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.