WELLCOME TO UPBJJ-UT TERNATElogo utLokasi Ujian Non Pendas & S-2 Klik disinilogo utKTPU 20172 sudah Dapat Diakses Klik disini logo ut KTPU Pendas Masa 2017.2 Kilk Disini logo ut Saatnya kuliah Online

RANGKAIAN SOSPROM UPBJJ-UT TERNATE DI BULAN NOVEMBER 2014

RANGKAIAN SOSPROM UPBJJ-UT TERNATE DI BULAN NOVEMBER 2014

 

Untuk meningkatkan angka partisipasi mahasiswa UT di Maluku Utara, UPBJJ-UT Ternate terus melakukan sosialisasi dan promosi hingga ke pelosok Halmahera. Upaya ini dilakukan secara terus menerus oleh UPBJJ-UT Ternate mengingat tingkat partisipasi masyarakat usia produktif di Maluku Utara ke Pergurusan Tinggi masih sangat rendah. Bahkan dari Data BPS tahun 2010 menunjukkan bahwa dari 109.120 penduduk Maluku Utara yang berusia 19 – 24 tahun, baru sebanyak 5.855 atau sebesar 5,37% yang mampu melanjutkan pendidikannya hingga ke perguruan tinggi.

 

Rendahnya angka partisipasi masyarakat ke Perguruan Tinggi di atas disebabkan oleh berbagai Faktor. Diantaranya adalah semakin mahalnya biaya pendidikan di Perguruan Tinggi. Di sisi lain, dari 10 kabupaten/Kota yang ada di Maluku Utara, tidak semunya mempunyai Perguruan Tinggi tatap muka. Sampai saat ini baru 5 Kabupaten/Kota yang memiliki Perguruan Tinggi yakni Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Halmahera Utara, Kabupaten Halmahera Barat dan Kabupaten Pulau Morotai.

 

Minimnya akses masyarakat terhadap informasi pendidikan, membuat UPBJJ-UT Ternate berupaya mendatangi daerah-daerah terpencil yang ada di Maluku Utara untuk langsung memberikan sosialisasi tentang Universitas Terbuka (UT). Kegiatan sosialisasi pertama dilakukan di Kecamatan Wasile, Kabupaten Halmahera Timur. Daerah ini merupakan daerah transmigrasi yang letaknya jauh dari ibu kota kabupaten Halmahera Timur, Maba. Rangkaian kegiatan sosialisasi dimulai dengan bersilaturahmi dengan Camat Wasile Abdul Rahman Sarjan, SP. Kunjungan tim sosprom UPBJJ-UT Ternate dipimpin langsung oleh Kepala UPBJJ-UT Ternate, Drs. Raden Sudarwo, M.Pd didampingi koordinator BBLBA UPBJJ-UT Ternate, Anfas, ST, MM dan pengurus Pokjar Wasile Hi. Arsyad Abd. Radjak, S.Pd.SD dan Laiha Idrus, S.Pd.SD. Dari hasil pertemuan tersebut, disepakati untuk bekerjasama dalam meningkatkan SDM Aparatur Pemerintah Desa, khususnya Sekretaris Desa (Sekdes) agar melanjutkan studi pendidikan di UT pada program studi S1 Administrasi Negara. Menurut Camat Wasile, Abdul Rahman Sarjan, SP, kehadiran UT di Wasile sangat tepat, karena akan sangat membantu pemerintah kecamatan dalam peningkatan aparatur pemerintahan baik yang ada di kantor kecamatan maupun di desa-desa. Untuk itu, beliau akan mengintruksikan seluruh stafnya serta para Sekdes untuk mau melanjutkan pendidikannya di UT.

 

Selain bertemu dengan Camat Wasile, Tim Sosprom UT juga melakukan kunjungan di SMAN 2 Haltim. Dalam kesempatan tersebut, Kepala UPBJJ-UT Ternate memperkenalkan UT kepada siswa kelas 3. Kepala UPBJJ-UT Ternate mengajak kepada siswa agar kelak jika mengalami keterbatasan ekonomi dalam melanjutkan studi di perguruan tinggi tatap muka, maka tidak perlu kecewa karena bisa melanjutkan pendidikannya di UT, dimana biaya pendidikannya sangat terjangkau dengan standar kualitas pendidikan yang tidak kalah dengan Perguruan Tinggi terkemuka di Indonesia.

 

Sosialisasi UT di SMAN 2 Haltim, Kecamatan Wasile Kabupaten Halmahera Timur (15/11/2014)

Setelah di Halmahera Timur, selanjutnya sosprom UT dilanjutkan di Kabupaten Halmahera Tengah. Tim Sosprom UT terdiri dari Kepala UPBJJ-UT Ternate didampingi PJW Halmahera Tengah Ibu Wasmi Lasani, ST. Rangkaian Sosprom dimulai dengan menghadiri Seminar Pendidikan yang diselenggarakan oleh PGRI Kab. Halmahera Tengah. Usai seminar, Kepala UPBJJ-UT Ternate berkesempatan bertemu dengan Kepala Dinas Pendidikan Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Halmahera Tengah, Ahmad Bayan, S.Pd, M.Pd dan Ketua PGRI Kabupaten Halmahera Tengah, Dr. Lasamida Kurupunda, S.Pd, M.Pd. Pertemuan tersebut membahas tentang kelanjutan studi para guru SD di Kabupaten Halmahera Tengah. Menurut Kadis Pendidikan dan ketua PGRI masih banyak guru SD di Kabupaten Halmahera Tengah yang belum melanjutkan pendidikan S1. Untuk itu ke depan akan didorong mereka bisa melanjutkan pendidikannya ke UT. Hal ini penting mengingat mulai tahun 2015, semua guru sudah harus berpendidikan S1 sebagaimana amanat UU Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

 


Usai bertemu dengan Kadis Pendidikan dan Ketua PGRI Halmahera Tengah, Tim Sosprom UPBJJ-UT Ternate melanjutkan perjalanan ke Mapolres Halmahera Tengah. Tim Sosprom UPBJJ-UT Ternate langsung disamput oleh Wakapolres Halmahera Tengah, AKP Akala. Dalam sosialisasi UT di Kantor Polres, Kepala UPBJJ-UT Ternate mengajak para anggota Polres Halmahera Tengah mau melanjutkan studinya ke jenjang S1 Ilmu Hukum di UT. Tujuannya agar bisa menunjang karil para anggota. Menurut Wakapolres Halmahera Tengah, pihaknya siap menindaklanjuti sosprom pihak UPBJJ-UT Ternate, dengan segera menginstruksikan anggotanya yang berminat untuk kuliah di UT mulai masa registrasi 2015.1.


 

Sosialisasi UT di Polres Halmahera Tengah (24/11/2014). Foto Kanan : Kepala UPBJJ-UT Ternate, Drs. Raden Sudarwo, M.Pd bersama Wakapolres Halmahera Tengah, AKP Akala.

 

Kegiatan sosprom selanjutnya dilanjutkan ke Kota Tidore Kepulauan. Rangkaian kegiatan sosprom dimulai dengan memenuhi undangan pihak Kantor Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tidore Kepulauan. Pertemuan tersebut dalam rangka membahas rencana kerjasama antara pihak Kantor Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tidore Kepulauan dengan UPBJJ-UT Ternateberkaitan dengan pengembangan SDM Pengelola Perpustakaan di Kota Tidore kepulauan. Tim Sosprom UPBJJ-UT Ternate yang terdiri dari Kepala UPBJJ-UT Ternate Drs. Raden Sudarwo, M.Pd, Kasubag UT Ahyar Hanubun, SE, Koordinator BBLBA Anfas, ST, MM dan Mohbir Umasugi, S.sos, MAP langsung diterima oleh Kepala Kantor Kearsipan Dan Perpustakaan Kota Tidore Kepulauan Hj. Rohani K. Katili, SH, M.Si.

 

Hj. Rohani K. Katili, SH, M.Si mengharapkan kerjasama antara pihaknya dengan UT sudah bisa terealisasi di masa registrasi 2015.1. Sebagai langkah awal pihaknya akan mendata seluruh pengelola Perpustakaan di sekolah-sekolah se-Kota Tidore Kepulauan dan selanjutnya diajukan agar memperoleh bantuan dari Pemda untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang D2 perpustakaan di UT. Pihak UPBJJ-UT Ternate tentunya dengan senang hati siap bekerjasama dengan pihak Kantor Kearsipan dan Perpustakaan Kota Tidore Kepulauan. Apalagi sebelumnya, secara tidak langsung kerjasama antar kedua pihak sudah lama dibangun, dimana staf Kantor Kearsipan dan Perpustakaan Kota Tidore dilibatkan sebagai tutor D2 Perpustakaan di UPBJJ-UT Ternate. Selain itu, pihak Kantor Kearsipan dan Perpustakaan Kota Tidore sebelumnya telah berkenan menerima para mahasiswa D2 Perpustakaan di UPBJJ-UT Ternate yang melakukan praktek kerja perpustakaan di kantor tersebut.


Penyerahan Cinderamata oleh Kepala UPBJJ-UT Ternate, Drs. Raden Sudarwo kepada Kepala Kantor Kearsipan Dan Perpustakaan Kota Tidore Kepulauan Hj. Rohani K. Katili, SH, M.Si (26/11/2014)

 

Setelah dari kantor Kearsipan Dan Perpustakaan Kota Tidore Kepulauan, Tim Sosprom UPBJJ-UT Ternate melanjutkan perjalanan ke Polres Tidore Kepulauan untuk bersilaturahmi. Di Mapolres, tim sosprom ditemui langsung oleh Kapolres Tidore Kepulauan AKBP Muhammad Edy Purwanto. Dalam silaturahmi tersebut Kapolres sangat menyambut baik rencana UT untuk memberikan kesempatan kepada anggotanya agar dapat melanjutkan pendidikan di UT. Untuk itu, beliau akan mengatur waktu yang tepat sehingga pihak UT bisa melakukan sosialisasi langsung ke seluruh anggotanya. Rencana tersebut disambut baik oleh kepala UPBJJ-UT Ternate dan berjanji akan datang kembali di pertengahan Desember 2014 untuk memberikan sosialisasi UT di anggota Polres Tidore kepulauan.





© UPBJJ-UT Ternate 2017

Address :

Kantor UT Ternate Jl. Raya Mangga 2

Kota Ternate Selatan Maluku Utara 97710

Phone   :  0811-4307-879

fax       : +629213128442

email    : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.