WELLCOME TO UPBJJ-UT TERNATElogo utNama Wisudawan 2017 Klik Disinilogo utSaatnya kuliah Online

Situs Resmi UPBJJ-UT Ternate

UPBJJ-UT TERNATE SELENGGARAKAN ABDIMAS PENYULUHAN ANTI NARKOBA

Minggu pagi, tanggal 18 Oktober 2015, pukul 07:00 WIT kurang lebih 100 orang pemuda pemudi Maluku Utara tumpah ruah di pelataran Taman Nukila yang merupakan titik kumpul sekaligus start jalan santai. Peserta dilepas oleh Kepala UPBJJ-UT Ternate, Bapak Drs. Raden Sudarwo, M.Pd didampingi oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas) UPBJJ-UT Ternate yang diketuai oleh Yusuf, SE., MM dan anggota tim yaitu Anfas, ST., MM dan Mohbir Umasugi, S.Sos., M.AP serta staf administrasi lainnya. Kegiatan ini adalah upaya UPBJJ-UT Ternate dalam memerangi bahaya Narkoba. Indonesia saat ini berada dalam status darurat Narkoba, karena korban tidak pandang usia, kalangan, bahkan profesi. Pencanangan program 100.000 pasien untuk direhabilitasi tidak lah cukup untuk mencegahnya agar tidak berulang, karena korban terus bertambah sepanjang waktu. Dengan menyasar pada kaum generasi muda dan di tangan merekalah tongkat estafet pembangunan diberikan. Terlebih diberlakukannya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) dan AFTA (Perdagangan Bebas) ditahun 2015, Indonesia harus telah siap menghadapi globalisasi ekonomi dan teknologi.

Hasil penelitian BNN bekerjasama dengan Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Indonesia (Puslitkes UI) pada tahun 2011 menyebutkan prevelensi penyalahgunaan narkoba di Provinsi Maluku Utara mencapai angka 2,8 persen atau sekitar 17.000 penyalahgunaan dari jumlah penduduk 730.600 jiwa sehingga saat itu daerah Provinsi Maluku Utara berada pada urutan ke empat dari 34 provinsi dalam angka penyalahgunaan narkoba. Pada tahun 2014 angka prevelensi penyalahgunaan narkoba di Provinsi Maluku Utara menurun menjadi 1,7 persen atau 12.000 pecandu. Angka ini menempatkan Provinsi Maluku Utara berada di urutan ke-31 dari 34 provinsi di Indonesia dalam penyalahgunaan narkoba (Gamalama Post. 2015). Meskipun menurun, namun kita jangan tinggal diam, karena kejahatan Narkoba selalu mengancam dan dengan senang hati merusak karakter generasi muda Maluku Utara. Dilatarbelakangi pada bahaya yang mengancam, kami tim dosen UPBJJ-UT Ternate bertekad untuk menolak peredaran Narkoba di Bumi Kie Raha Maluku Utara. Inilah bakti kami dosen-dosen UPBJJ-UT Ternate melalui kegiatan Abdimas dalam mengupayakan Maluku Utara menuju generasi bebas Narkoba yang diselenggarakan melalui serangkaian kegiatan yaitu kegiatan pertama yaitu jalan sehat diikuti dosen, staf, mahasiswa, dan siswa/i SMA/ SMK/ MA se-Kota Ternate. Kemudian, dilanjutkan dengan kegiatan ke dua yaitu penyuluhan anti Narkoba berkerjasama dengan BNNP Maluku Utara.

Kurang lebih 7 km peserta menyusuri jalan ibu Kota Ternate dan berakhir di halaman Kampus UPBJJ-UT Ternate. Riung sirine anggota patroli pengawalan, sorak sorai gembira mengiringi deru langkah kaki peserta. Sesampai di kampus UT, diteras kampus terpampang kanvas putih yang berisi komitmen bersama untuk menolak peredaran Narkoba menunggu untuk ditandatangani peserta. Tidak hanya itu, sajian bubur kacang hijau, minuman energy, dan snack disiapkan untuk peserta. Acara didahului oleh sambutan Kepala UPBJJ-UT Ternate sebagai sambutan awal membuka kegiatan kedua yaitu penyuluhan Anti Narkoba. Dalam prakatanya, “UT sebagai institusi akademik mendukung penuh gerakan kampus bersih Narkoba. UT senatiasa mendukung langkah Pemerintah Daerah untuk memberantas Narkoba di Provinsi Maluku Utara. Kami memastikan, bahwa UPBJJ-UT Ternate bersih dari bahaya Narkoba. Tidak ada seorang pun yang terlibat dalam peredaran Narkoba. Namun, kita harus senantiasa mengawasi dan waspada terhadap kejahatan Narkoba”. Penyuluhan dilakukan oleh Petugas BNNP Maluku Utara. Peserta mendengarkan informasi penting dengan seksama tentang bahaya Narkoba dengan terlebih dahulu menyerahan 3 buku 31 Tahun Dies Natalis Universitas Terbuka kepada tiga (3) mahasiswa Bidikmisi yang giat, gigih, dan berprestasi. Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab oleh peserta dan narasumber sebagai wujud antusiasme peserta dalam memerangi peredaran Narkoba (dar; yus).

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

==000==

© UPBJJ-UT Ternate 2017

Address :

Kantor UT Ternate Jl. Raya Mangga 2

Kota Ternate Selatan Maluku Utara 97710

Phone   :  0811-4307-879

fax       : +629213128442

email    : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.