WELLCOME TO UPBJJ-UT TERNATElogo utNama Wisudawan 2017 Klik Disinilogo utSaatnya kuliah Online

Situs Resmi UPBJJ-UT Ternate

SOSPROM UPBJJ-UT TERNATE DI KOREM 152/BAABULLAH TERNATE

SOSPROM UPBJJ-UT TERNATE DI KOREM 152/BAABULLAH TERNATE

Pada Rabu (14/01/2015) UPBJJ-UT mendapatkan kesempatan untuk melakukan sosialisasi Universitas Terbuka (UT) di Markas Korem 152/Baabullah Ternate. Kegiatan Sosialisasi UT disampaikan oleh Kepala UPBJJ-UT Ternate Drs. Raden Sudarwo, M.Pd dan didampingi oleh Koordinator BBLBA Anfas ST, MM. Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh para Prajurit TNI AD, mulai dari para Perwira Pertama hingga para Tamtama yang ada di berbagai unit kesatuan di Korem 152/Baabullah Ternate.

Dalam sosialisasi tersebut, Kepala UPBJJ-UT Ternate memperkenalkan UT sebagai PTN ke-45 yang diresmikan oleh Presiden Suharto di Istana Negara pada tanggal 4 September 1984. Sebagai Perguruan Tinggi yang menerapkan Sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (SPTJJ), UT bertujuan untuk menjangkau siapapun WNI maupun WNA yang tidak berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Tatap Muka.

Untuk itu, UT telah membuka 32 kantor Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) di seluruh provinsi di Indonesia agar bisa melayani warga Negara yang ada di Perkotaan hingga di pelosok daerah, dari Sabang sampai Meroke untuk dapat mengakses pendidikan tinggi di UT. Selain itu UT juga telah membuka 1 kantor UPBJJ-UT Layanan Luar Negeri yang melayani para mahasiswa yang ada di luar negeri.

UT dapat menerima siapapun yang memiliki ijasah SLTA/sederajat atau dari paket C untuk melanjutkan kuliah di UT tanpa mengenal tahun lulus SLTA-nya. “Semuanya boleh masuk ke UT dengan persyaratan yang sangat simpel, yakni cukup dengan memasukkan fotocopy ijazah yang dilegalisasi 1 lembar dan Pasfoto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar, maka yang bersangkutan sudah terdaftar sebagai mahasiswa UT. Tidak ada uang masuk atau uang bangunan, cukup hanya membayar SPP saja” Jelas Sudarwo di hadapan prajurit TNI AD Korem 152/Baabullah Ternate.

Suasana Sosialisiasi UT di Korem 152/Baabullah Ternate (Rabu, 14/01/2015)

Selanjutnya, Kepala UPBJJ-UT Ternate menjelaskan bahwa UT juga menerima calon mahasiswa masukan dari TNI yang lulusan AKMIL atau SESKO. Di mana calon mahasiswa tersebut bisa diterima dengan cara melakukan alih kredit. Sebagai contoh adalah untuk lulusan AKMIL yang mau melanjutkan studi S1 Administrasi Negara di UT, maka dapat mengajukan alih kredit sehingga matakuliah yang dibesakan bisa sebanyak 55 SKS. Dengan demikian mahasiswa tersebut tinggal mengambil 90 SKS saja. Sedangkan untuk lulusan SESKO yang mau masuk ke S1 Administrasi Negara di UT, maka pembebasan SKSnya sebanyak 69 SKS atau hanya menempu 76 SKS saja di UT.

Setelah mendengarkan penjelasan tentang UT dari Kepala UPBJJ-UT Ternate, kegiatan sosalisasi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan pembagian brosur UT kepada seluruh peserta sosalisasi. Dengan pembagian brosur tersebut, maka diharapkan informasi tentang UT tidak hanya berhenti di para anggota yang menghadiri kegiatan sosialisasi. Akan tetapi juga bisa disampaikan kepada para teman dan anggota keluarganya. Upaya ini dilakukan terus menerus dengan harapan dapat meningkatkan angka partisipasi mahasiswa UT di Maluku Utara. Semoga..

SOSPROM DI KANWIL KEMENKUM HAM MALUT

SOSPROM UPBJJ-UT TERNATE DI KANTOR WILAYAH KEMETERIAN HUKUM DAN HAM MALUKU UTARA

 

Senin (02/02/2015) UPBJJ-UT Ternate mendapat kesempatan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Maluku Utara untuk melakukan sosialisasi dan promosi UT. Pada kesempatan itu, Tim Sosprom UPBJJ-UT Ternate terdiri dari Kepala UPBJJ-UT Ternate Drs. Raden Sudarwo, M.Pd, Koordinator BBLBA Anfas, ST, MM dan Mohbir Umasugi, S.Sos, M.AP yang merupakan staf Dosen FISIP UT di UPBJJ-UT Ternate.

Sebelum acara dimulai, Tim Sosprom bertatap muka dengan Kepala Kanwil Kemenkumham Maluku Utara, Drs. Agus Rawan, SH, MM, M.Si di ruang kerjanya. Dalam pertemuan tersebut, Kakanwil mengutarakan bahwa beliau juga merupakan alumni UT. “Saya lulus tahun 2004 di FISIP UT dan saya bangga menjadi alumni UT” katanya dengan penuh semangat.

Usai pertemuan dengan Kakanwil, Tim Sosprom UT selanjutnya diberikan kesempatan untuk menjelaskan tentang UT di hadapan pengawai Kanwil Kemenkumham Maluku Utara. Acara yang dipusatkan di ruang rapat staf tersebut dihadiri oleh seluruh pegawai yang ada di kantor Kemenkumham Maluku Utara.

Pada kesempatan itu, Tim Sosprom yang didampingi langsung oleh Kakanwil, memperkenalkan UT mulai dari status PT, kurikulum hingga mekanisme pendaftaran sebagai mahasiswa baru.

 

 

 

Suasana Sosialisiasi UT di Kanwil Kemenkumham Maluku Utara, Ternate (Senin, 02/02/2015)

Dalam penjelasan berkaitan dengan UT, Tim sosprom memperkenalkan dan menawarkan beberapa program Studi yang dianggap relevan dengan tugas para pegawai. Seperti Program Studi S1 Ilmu Hukum dan S1 Administrasi Negara. Adapun sistem pengampuham matakuliah bisa menggunakan sistem paket semester (Sipas) atau bisa juga dengan sistem SKS.

Seperti pada kegiatan sosprom sebelumnya, usai mendengarkan penjelasan tentang UT dari Tim Sosprom, para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya tentang berbagai hal yang berkaitan dengan UT guna meningkatkan pemahaman mereka dan dapat lebih jauh mengenal UT. Selanjutnya acara diakhiri dengan pembagian brosur dengan tujuan informasi tentang UT tidak hanya berhenti di para pegawai yang menghadiri kegiatan sosialisasi. Akan tetapi juga bisa disampaikan kepada para teman dan anggota keluarganya. 

BERITA TERBARU


Video Toko Buku Digital Video Toko Buku Digital VIDEO TOKO BUKU DIGITAL    Silahkan klik gambar dibawah ini :        
Jadwal TTM Pendas 2017.2
15 Sep 2017 12:42

JADWAL TTM PENDAS MASA REGISTRASI 2017.2   Silahkan Klik Disini

ATM MANDIRI
13 Sep 2017 12:02

INSTRUKSI CARA MEMBAYAR BIAYA PENDIDIKAN MELALUI ATM BANK MANDIRI :
  1.Menerima Lembar Infor [ ... ]

Berita Lain

© UPBJJ-UT Ternate 2017

Address :

Kantor UT Ternate Jl. Raya Mangga 2

Kota Ternate Selatan Maluku Utara 97710

Phone   :  0811-4307-879

fax       : +629213128442

email    : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.